Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by admin - -

Resume Kulwaps HEbAT Sulawesi

Senin, 15 Februari 2016
Host: Bunda Dini
Admin&resume: Bunda Septiana
SME: Abah Rama

πŸ“‹ MENGENAL KONSEP BAKAT  DAN POTENSI SERTA MEMETAKAN BAKAT ANAK-ANAK πŸ“‹

Pengantar

Kalau Orang ditanya apa bakatnya biasanya butuh waktu untuk segera menjawabnya.
Bahkan tidak sedikit yang merasa tidak punya bakat
Mengapa demikian?
Salah satu alasan nya adalah karena tidak ada kesamaan definisi ttg BAKAT atau juga POTENSI.
Yang pasti kalau ditanya Bakat atau Potensi Kekuatan atau bahkan Kompetensi maka jawabannya terdiri dari dua kelompok besar yaitu KATA SIFAT   atau  KATA KERJA dan sampai kapanpun sepertinya tidak akan ada usaha menyamakan definisi nya karena para penulis buku tentang bakat tidak mungkin akan bertemu.
Yang penting kita faham adanya perbedaan tersebut.
Untuk mudahnya kita pilih definisi Kekuatan sbg 4E Activities (Enjoy Easy Excellent Earn)  yaitu Aktivitas yg membuat kita suka melakukan nya,  mudah melakukan nya, hasilnya bagus dan produktif.

Ada 2 sumber Potensi Kekuatan
Sumber Pertama yang sudah kita kenal adalah Keistimewaan fisik /pancaindera
Sumber ini menghasilkan Potensi Bidang seperti. Menyanyi,  melukis, memasak, olahraga dlsb
Sumber Kedua adalah Sifat Produktif seseorang (kita sebut sebagai BAKAT ) yang menghasilkan Potensi Peran seperti Memimpin,  Mengajar, Menganalisis, Merawat,  Memotivasi dlsb
Semuanya ada 45 klaster Potensi yaitu 30 Potensi Peran dan 15 Potensi Bidang


Bagaimana menggali dan menemukan BAKAT dan Potensi anak?
Kata kuncinya adalah Aktivitas yang Produktif ( Earn)
Artinya apabila seseorang pernah melakukan ke 45 aktivitas produktif diatas maka dia akan tahu mana yang Enjoy, Easy dan Excellent.
Tugas orang tua adalah memberikan fasilitas bagi anaknya untuk melakukan ke 45 aktivitas tersebut lakukan observasi pada aktivitas mana saya dia Enjoy Easy dan Excellent.

Khusus Untuk Potensi Peran Apabila anak kita belum ada kesempatan melakukan ke 30 aktivitas yang dimaksud maka orangtua bisa melihat dari sisi sifat produktif nya yang membentuk potensi kekuatan nya
Sedangkan, Potensi Bidang yang sumbernya bukan dari sifat melainkan dari fisik /pancaindera, aktivitas nya lebih mudah terlihat.

Catatan :
Dalam hal ini ada 2 istilah yang kita gunakan adalah sbb.
POTENSI : Aktivitas Produktif
Spt memimpin, mengajar, mengkoodinir, meneliti, membuat strategi dlsb
BAKAT PERAN : Sifat yang produktif
Spt keras berani,  harmoni, periang, bersahabat, pemikir,  empati, analisis dlsb

🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾

Curriculum Vitae Nara sumber :

Abah Rama - Abah Rama
Sarjana Teknik Fisika ITB angkatan 1964
Yang setelah bekerja di Astra, mendirikan beberapa perusahaan teknik.
Menjadi Dirut selama hampir 30 tahun dan pada umur 59 ketika "dipaksa"  oleh situasi membuat dan mencoba Talents Mapping, baru menyadari kalau Direktur itu bukan panggilan hidup
panggilan nya adalah "Guiding individual for Better Career and Organization for Higher Productivity "
Mengajar adalah panggilan nya.
Untuk itu dia bersama timnya berhasil menemukan Tools.
baik untuk Strength based Psychology
Maupun Strength based Management

Dia baru sadar kenapa ketika menjadi direktur sering Stress
Sebelumnya dia menganggap bahwa stress adalah hal yang biasa sebagai Direktur utama.
Sekarang setelah menempati karir yang tepat maka kerja menjadi menyenangkan.
Enjoy Easy Excellent Earn
🌟🌟🌟🌟🌟🌟🌟🌟🌟🌟

❓ TANYA JAWAB ❗

1⃣ Bunda Dini
1. Abah, mohon dijelaskan  lebih rinci apa saja yang termasuk dalam 15 Potensi Bidang dan 30 Potensi Peran?

2. Bagaimana cara menggali  Potensi Peran pada anak anak berusia di bawah 10 tahun? Mohon diberikan contoh aktivitas yang dapat kita berikan kepada anak anak untuk mengenali Potensi Peran yang mereka miliki... Terima kasih

1⃣
1.45 kelompok kegiatan ini ditemukan tahun 2010 setelah adanya Strength Cluster pada tahun 2007

 2.15 POTENSI BIDANG
1. ACTING = akting
2. BEAUTIFYING = menata kecantikan
3. VISUAL ART = seni lukis
4. MUSICAL ART = seni musik
5. SINGING  = menyanyi
6. MODELING = perasaan busana
7. DANCING = seni tari
8. COOKING = memasak
9. CONSERVING = memelihara lingkungan
10. MANUAL SPEED = kecepatan tangan
11. MANUAL DETAIL =kerajinan tangan
12. PHYSICAL =keterampilan fisik
13. PLANTING = bercocok tanam
14. SPORT = berolahraga
15. TENDING ANIMAL = memelihara binatang

3.30 POTENSI PERAN
Lihat penjelasannya di www.temubakat.com
Terbagi dalam 8 kelompok

 INTERPERSONAL DIATAS ORANG - RASA
•COMMANDING
•MEDIATING
•ARRANGING
•SELLING
•SELECTING

 INTERPERSONAL SEJAJAR ORANG - RASA
•COMMUNICATING
•REPRESENTING
•MOTIVATING
•EDUCATING

 INTERPERSONAL DIBAWAH ORANG - RASA
•CARING
•SERVING

INDIVIDUAL OTAK KANAN -  CIPTA
•DESIGNING
•CREATING
•SYNTHESIZING
•MARKETING
•STRATEGIZING
•VISIONING

INDIVIDUAL OTAK KIRI ATAS - CIPTA
•ANALYZING
•FINANCE ACCOUNTING
INDIVIDUAL OTAK KIRI BAWAH - CIPTA
•RESTORING
•EVALUATING
•EXPLORING

INDIVIDUAL SEMANGAT INDOOR- KARSA
•WRITING
•INTERPRETING
•ADMINISTERING

 INDIVIDUAL SEMANGAT OUTDOOR-KARSA
•PRODUCING
•QUALITY CONTROL
•SAFEKEEPING
•DISTRIBUTING
•OPERATING

 itu menjawab kedua pertanyaan pertama #


2⃣ Ayah Angga
1. Saya ingin resign, tpi belum memiliki kemampuan usaha yg lain agar bisa dapat pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari dan membayar kredit yg sudah berjalan? Kedepannya saya ingin bebas dari Riba...

2. Apakah saya lebih baik ambil beasiswa kuliah S2 atau mulai merintis belajar usaha? karena untuk kuliah diluar negeri saya butuh sertifikat bahasa inggris (IELTS) dan saya sedang belajar dan kursus

3. Apakah bisa menjadi pengusaha sekaligus dosen / pengajar?
Terima kasih

2⃣
1. •Kelau belum ada kesempatan resign karena berbagai faktor maka ada baiknya melakukan kegiatan lain secara parallel akan tetapi pilih kegiatan yang benar benar merupakan passion

 2.kalau melihat hasil ST30 dan sudah meyakini kebenarannya dengan melihat sifat sifat terkait sesuai dengan :gue banget" maka sebaiknya selain mengajar juga mulai  berusaha akan tetapi yang dimaksud bukan Jualan akan tetapi usaha yang terkait Serving atau Caring  , Penelitian, Perbaikan perhatkan juga bakat / kekuatan anda terkait fisik/ panca indera seperti (memasak, bercocok tanam dlsb)

setiap orang dibekali berbagai potensi oleh Allah ada yang sedikit ada yang banyak, jadi bisa saja selain mengajar juga usaha yang lain yang pasti harus dicoba tetapi jangan "meniru"orang lain karena semua harus timbul daridaa diri kita masing-masing yang bisa merasakan 4-E nya #


3⃣ Bunda Chandayani
Aslm.wr.wb.
1. Bgmn prosedural/teknisnya anak2 HS kalau untuk lanjutannya nanti kalau mau kuliah atau cari beasiswa ke depannya bgm ya abah, Kan bnyk beasiswa dr LN yg hrs pakai fotocopy raport, ijazah nilai UAN? atau bisa spt anaknya bunda septi yg bisa diterima kuliah di singapura dgn menampilkan produk hasil karyanya. Jd bgmn kt membuat kurikulum HS yg memang sesuai dgn potensi dan bakat anak sejak dini hingga ke tujuan akhir bisa menembus kuliah di LN?

2. Bagaimana membuat talent Mapping untuk tiap anak abah Rama?(anak 1. perempuan 12thn; 2.perempuan 10 thn; 3.laki2  7thn; 4.perempuan 5thn ) apa dimulai dr talent maping kita dulu sbg ortu? trus tadi kalau sdh tahu bagaimana meramunya dlm membuat kurikulum HS untuk tiap anak?

3. Bisakah kita membuat talent Mapping sendiri? Adakah Pelatihannya? Terutama untuk kami yg di Makassar
Terimakasih

3⃣
1. a.Kalau melihat contohnya bunda Septi, justru saya dengan ijazah kita (indnesia) tidak dihargai (mungkin kurang dipercaya) dan yang penting ybs lulus test disana dan menguasai bahasa Inggris
b.Tentang kurikulum HS karena saya bukan praktisi dalam HS maka ada baiknya mempelajari mereka yang berpengalaman disitu

2. Ada berbagai cara
i.Memfaslitasi anak dengan berbagai kegiatan yang 45 diatas dan mengobservasi 4E nya
ii.Melihat sifat produktifnya (ada 34 sifat) yang nanti disebut sebagai Bakat yang akan saya sampaikan pada kulwap berikut

3. a.Sebaiknya Orangtua belajar lebih dari konsep Talents Mapping
b.Untuk itu ada baiknya diselenggarakan Training Talents Mapping di Makassar bagi para orang tua murid #


4⃣ Ayah Indra
Assalamu'alaikum Abah.
Saya Ayah Indra dari Palopo. Anak pertama saya putri 7 tahun mogok sekolah. Tadinya sekolah Alam di Bekasi terus pindah SDIT karena saya pindah tugas ke Palopo. Rencana saya anak sekolah dirumah saja dgn konsep HE BPA dengan mencoba 45 aktivitas produktif diatas sampai menemukan 4E nya. Tapi dlm pelaksanaannya lumayan susah. Adakah Tips atau cara menjalankan 45 aktivitas agar lebih efektif dan efisien, mudah dan tepat sasaran? Terimakasih

4⃣
•Tips yang terstruktur sih belum ada akan tetapi dari 45 aktivitas tersebut coba mulai carikan aktivitas mana saja yang paling disukai
•Coba juga observasi sifat produktifnya untuk memperkirakan aktivitas yang disukai (kulwap berikutnya akan dibeberkan)
•Waktu di Bekasi bagaimana ? apa saja yang dia sukai disekolah? #


5⃣ Bunda Eka
Apa parameter bahwa seorang anak itu telah 4E dg kegiatannya dr hal hal yang tampak di mata ? Jika anak mogok sekolah itu tanda anaknya tdk 4E terhadap sekolah atau bagaimana?apa ciri cirinya?

5⃣
•Ukurannya 4 E tentunya anak itu suka banget ketika melakukannya begitu asiknya sampai lupa waktu , lalu baginya mudah padahal temannya mungkin lebih sulit melakukannya dan tentunya hasilnya semakin lama semakin bagus

•Anak yang mogok disekolah belum tentu karena pelajaran atau kegiatanya  karena kebanyakan karena suasananya baik pertemanan ataupun guru gurunya,jadi harus digali dari ybs#


6⃣ Bunda Septiana
Assalamu'alaikum abah Rama,
Sy sadar memetakan bakat anak adalah proses panjang & butuh kesabaran ortu apalagi saat ini putra sy baru 3,5thn.
1. Bagaimana jika anak termasuk yg mudah bosan pd aktivitasnya, mudah berganti2 & tdk diseleseikan sehingga kadang ortu kesulitan mengamati? Apakah ortu harus menambah pilihan atau melakukan pengulangan thd aktivitas tsb sampai jelas didapat evaluasinya?

2. Usia berapa anak sdh bs memetakan bakatnya dgn Talents Mapping di temubakat.com?

3. Bagaimana seharusnya kami sbg ortu mendorong anak memetakan bakatnya sekaligus membentuk karakter yg kuat? Apakah rewards & punishments boleh dilakukan spy anak semangat?
Terimakasih

6⃣
1. •Anak anak biasanya memang punya rasa ingin tahu yang tinggi sehingga bisa terjadi kelihatannya berminat akan tetapi setelah melakukannya berulang ulang ternyata tidak enjoy dan mencari kegiatan lain
•Jadi ada baiknya menambah pilihan sambil melihat kemungkinan kembali ke kegiatan yang pernah ditinggalkan

2. •Secara teori seharusnya diatas 16 tahun karena diumur itu Johari Window seseorang sudah cukup luas
•Akan tetapi faktanya ada anak 10 tahun yang bisa mengisi asesmen Talents Mapping yang lengkap dan ada sarjana baru umur 25 tahun yang masih bermasalah waktu mengisinya
•Rupanya bukan umur yang menentukan akan tetapi berapa banyak ragam aktivitas yang pernah dilakukan sesorang dalam hidupnya

3. •Karakter yang sering kita bahas sebenarnya ada 3 macam
oKarakter kinerja terkait Rasa dan Cipta, ini unik tidak bisa diubah
oKarakter kinerja terkait Karsa , yang ini juga unik tetapi bisa dibiasakan sejak kecil sd umur 16 tahun
o Karakter Moral, yang ini Universal mengacu kepada Moral yang terbaik akan tetapi cara mendidiknya lebih kepada memberi contoh

tentang Karakter ini mungkin bisa saya sampaikan di kulwap mendatang setelah membahas 34 Sifat Produktif (Tema Bakat) #


7⃣ Bunda Eli
Assalamualaykum..
Abah rama yg dirahmati Allah...
Mengapa saya sendiri susah dalam menemukan bakat&potensi saya secara khusus, hal ini ditandai dengan kebingungan saya dalam mengisi form di temu bakat..mohon bimbingannya

7⃣
•Ada kemungkinan didalam hidup bunda Eli selama ini kegiatannya kurang beragam, kalau benar demikian maka terjunlah keberbagai kegiatan dan rasakan
•Saran saya kalau bisa juga ikut asesmen Talents Mapping secara online untuk menggali sifat produktif agar bisa memperkirakan potensi kekuatannya #


8⃣ Bunda Dini
1. Apakah bakat yang dimiliki sejak kecil bisa hilang/menjadi tumpul bila tidak pernah diasah dan dikembangkan? Misalnya jika ditanyakan bakat, saya biasanya menjawab berbakat menulis, tetapi tidak produktif, dalam artian sampai sekarang belum menelurkan hasil karya berupa buku misalnya. Jika belum punya karya produktif sampai usia 39 tahun, apakah sebetulnya masih bisa disebut berbakat?

2. Anak saya usia 10 tahun, menurut pengamatan saya berbakat menggambar, mendisain, memimpin, menganalisa, detil dan teliti, senang ngotak ngatik... Tapi memang masih ada beberapa potensi yang belum teramati...

Apakah sudah bisa dikerucutkan fokus belajarnya pada bidang tertentu? Atau masih perlu diperkaya dengan lebih banyak aktifitas sebelum kita memutuskan untuk fokus pada satu bidang yang sesuai bakatnya?

8⃣
1. •Bakat  seharusnya tidak hilang karena itu sangat terkait dengan sifat seseorang
•Bakat itu baru potensi sehingga diperlukan Skill dan Knowledge utk menjadi Kekuatan, saya pernah baca disalah satu artikel bahwa salah satu penulis terkenalpun masih terus melatih menulis setiap hari puluhan lembar

2. •Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dan terlalu cepat menjuruskan, biarkan saya dia mencoba berbagai aktivitas untuk menggali potensi lainnya yang belum nampak
•Gunakan 45 aktivitas diatas utk melihat Area yang maksimalnya#


9⃣ Bunda Dina
1. Bagaimana cara yg efektif dalam mengenalkan ke 45 potensi peran dan potensi bidang pada anak?

2. Bisakah orang tua mengetahui potensi anak sementara orang tua tersebut jg masih belum yakin dengan potensinya sendiri?

3. Apakah faktor "kebiasaan" dapat memengaruhi bakat dan potensi anak?
Terima kasih sebelumnya

9⃣
1. •tugas orang tua adalah memfasilitasi anak anaknya dengan berbagai kegiatan yang beragam dan mengobservasi 4 E nya

2.•Memang yang terbaik adalah kalau orangtua sudah memahami kekuatannya sehingga dengan begitu akan lebih memahami prosesnya

3.•Seperti yang sempat dibahas diatas. Kebiasaan bisa diterapkan pada kegiatan yang terkait dengan Striving Talents (Karsa) dan sebaiknya dilakukan sejak kecil sd sekitar umur 16 tahun
•Misalnya Discipline Responsibility, Achiever, Deliberative,Maximizer dsb
#


πŸ”Ÿ Bunda Esih
1. Mohon  penjelasannya terkait 45 klaster yaitu 30 potensi dan 15 Potensi Bidang.

2. Apakah dalam Islam ada istilah otak kanan dan kiri kaitannya dengan penggalian potensi anak?Jazakumulloh khoir

πŸ”Ÿ
1. sudah dijawab diatas tadi

2. •Ini pertanyaan bagus yang harus saya tanyakan kepada akhli nya yang pasti Potensi Kekuatan (aktivitas produktif) itu di dasari oleh Sifat sesorang yang dibagi 3 kelompk besar yaitu Rasa , Cipta dan Karsa
•Rasa itu terkait dengan Interpersonal yang dalam struktur otak dominan didaerah otak kanan bawah
•Cipta atau Cognitif itu ada yang membutuhkan Logika ada juga Intuisi,dimana dalam struktur Otak kegiatan Logika banyak membutuhkan aktivitas Otak sebelah kiri sedangkan Intuitif di sebelah kanan#