Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by admin - -

Setelah membaca review NHW#2 aku merasa perlu memperbaiki NHW#2 ku. Maka aku membaca kembali NHW#1 dan review NHW#1 agar apa yang aku kerjakan sebagai NHW#2 adalah buah dari perenungan yang berkesinambungan. Harapannya agar hasil akhirnya nanti dapat menjadi pijakanku dalam perjalanan menemukan dan menjalankan misi hidupku.😇

Jadi, NHW#2 nya adalah berikut

NICE HOME WORK #2
Bunda, setelah memahami tahap awal menjadi Ibu Profesional, Kebanggaan Keluarga. Pekan ini kita akan belajar membuat

“CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN”

a. Sebagai individu
b. Sebagai istri
c. Sebagai ibu

Dan yang terpenting adalah kunci dari indikator yaitu SMART :
- SPECIFIK (unik/detil)
- MEASURABLE (terukur, contoh: dalam 1 bulan, 4 kali sharing hasil belajar)
- ACHIEVABLE (bisa diraih, tidak terlalu susah dan tidak terlalu mudah)
- REALISTIC (Berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari-hari)
- TIMEBOND ( Berikan batas waktu)


Awalnya, aku mengerjakannya seperti yang aku posting di sini. Setelah aku membaca reviewnya, aku merasa perlu banyak perbaikan sehingga lahirlah postingan ini. Sebelum membuat indikator, maka aku rumuskan dulu tujuan dari masing-masing checklist indikator yang diminta, yaitu tujuanku sebagai individu, sebagai istri dan sebagai ibu (insya Allah).

💛Tujuan sebagai individu
Menjadi hamba Allah yang senantiasa bersyukur dan bermanfaat

💛Tujuan sebagai istri
Menjadi istri solehah disayang Allah dan keluarga

💛Tujuan sebagai ibu
(insya Allah) jika sudah menjadi ibu, saya ingin menjadi pendidik utama bagi anak-anak hingga mereka menemukan misi hidup sebelum aqil baligh

Dari ketiga tujuan tersebut maka saya coba untuk mem-breakdown tahapan untuk bisa mencapai tujuan sebagai individu, sebagai istri maupun sebagai ibu. Setelah itu barulah disusun indikator akhir dari ketiganya,

💛Sebagai Individu
Untuk menjadi hamba Allah yang senantiasa bersyukur dan bermanfaat, maka harus ditemukan dulu apa misi hidup yang diamanahkan oleh Allah. Untuk dapat menemukan misi hidup maka dapat diusahakan dengan belajar dan mengajar hal-hal yang disukai serta mendekatkan diri pada Allah. Berdasarkan pemikiran tersebut maka saya coba membuat list indikator akhir sebagai individu sebagai berikut :

  • shalat 5 waktu tepat waktu
  • mentadaburi al quran setiap hari minimal 1 halaman
  • membaca al quran 1 day 1 juz
  • shalat witir dan shalat fajar tiap hari 
  • shalat dhuha dan tahajud minimal 2 rakaat tiap hari
  • dzikir pagi dan sore tiap hari
  • menghapal one day one ayat
  • belajar/ pengembangan diri selama 6 jam tiap hari
  • mengajar selama 1,5 jam sepekan 3 kali
  • berkarya untuk manfaat umat one month one project


💛Sebagai istri
Untuk menjadi istri yang disayang keluarga maka selayaknya meresapi ciri-ciri istri shalehah yang akan mendapatkan kasih sayang Allah terlebih dahulu. Diantara ciri-ciri tersebut adalah : taat pada Allah dan suami dalam hal yang ma'ruf, memelihara dirinya/ menjaga kehormatan dirinya, berkhidmat kepada suami. Kemudian, saya tanyakan beberapa keinginan suami, yaitu : tersedia menu serasi setiap hari, terciptanya rumah yang bersih dan sehat setiap hari, pakaian yang tertata rapi di lemari setiap selesai dibersihkan, tersedianya pakaian siap pakai setiap hari. Hal-hal yang telah disebutkan di atas lalu saya buat menjadi list indikator berikut :
  • menyelesaikan pekerjaan rumah setiap hari sebelum jam 6 pagi, jika masih ada yang harus diselesaikan dapat dikerjakan sore hari selama maksimal 1,5 jam
  • menyediakan waktu untuk beres beres rumah (porsi besar) 2 jam setiap pekan
  • mengadakan family forum setiap hari minimal 30 menit
  • menyepakati gadget hour 2 jam setiap hari 
  • membagi keuangan keluarga menjadi 3K
  • hanya membicarakan masalah keluarga kepada orang yang tepat untuk dimintai solusi


💛Sebagai ibu
Semoga Allah segera memberikan kepercayaan kepada kami atas lahirnya anak-anak yang sholeh sholehah dari rahimku,aamiin. Berikut ini saya coba membuat list indikator sebagai ibu :

  • Membuat dokumentasi harian tumbuh kembang dan aktivitas anak-anak
  • Beraktivitas dengan anak secara intensif setiap hari minimal 3 jam
  • Membersamai anak setiap saat baik saat dekat maupun jauh
  • Membuat rencana mingguan aktivitas anak anak selanjutnya memfasilitasi anak amembuat rencana aktivitasnya setel anak dapat melakukannya sendiri hingga anak anak menemukan misi hidupnya
  • Memfasilitasi anak membuat rencana hidup sesuai dg misi hidupnya
  • Melepas anak menjalankan misi hidupnya di saat aqil baligh
Dari indikator indikator yang telah saya buat tentu saja saya tidak serta merta dapat langsung mencapai semuanya secara sekaligus. Ada beberapa poin yg alhamdulillah sudah dapat saya kerjakan secara kontinyu. Namun, untuk banyak hal yg belum bisa saya kerjakan konsisten, saya harus melalui beberapa tahap pelatihan konsistensi agar dapat menjalankan deep work sehingga insya Allah saya dapat mencapai semua indikator pada akhirnya secara syamil dan kaffah.  Aamiin. 

Untuk tahap pelatihan konsistensi yang pertama, saya akan latih hal hal berikut selama 100 hari,insya Allah :
  • Shalat 5 waktu di awal waktu (paling lambat 15-30menit setelah adzan) 
  • Menyelesaikan pekerjaan rumah setiap hari sebelum jam 6 pagi dan sore hari maksimal 1 jam 
  • Belajar, mengajar dan atau berkarya (tulisan atau produk)  di bidang yg disukai  minimal setiap harinya menyediakan waktu 1 jam, secara konsisten didokumentasikan
Bismillah, laa haula walaa quwwata illa billah.. Semoga ini dapat menjadi awal perubahan yang baik, insya Allah.  Doakan ya..