Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by admin - -


📚NICE NICE HOME WORK #4
🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀
Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?
Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Insya Allah untuk bidang ilmunya masih sama, biidznillah saya menyukai dan bisa di bidang iT, utamanya yg berkaitan dengan desain, program, dan sistem. Akan tetapi untuk ilmu spesifiknya mudah mudahan bisa segera saya temukan setelah menjalankan nhw#2 yang sudah direvisi, yaitu program pelatihan 100 hari pertama. Insya Allah..


b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Perenungan lebih mendalam atas nhw#2 telah melahirkan revisi nhw#2. Saat ini saya mulai dg program pelatihan konsistensi tahap pertama.

c.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Sedang proses, ini berkaitan dengan jawaban  poin b di atas juga beberapa tambahan yg aku berikan di nhw#3 edisi revisi, khususnya di poin d. Untuk misi hidup, saya masih gamang antara fasilitator atau media creator, untuk bidang juga belum bisa menemukan yg spesifik, saya rasa proses pelatihan konsistensi tahap satu yg saya buat insya Allah akan menjadi jalan menemukan jawabannya

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Untuk poin ini saya baru bisa menetapkan batasan hal hal apa saja yg boleh saya pelajari dalam tahap pertama pelatihan konsistensi yg bagian belajar mengajar dan atau berkarya setiap hari minimal satu jam. Bidang tersebut adalah : elektronika, editing desain grafis, menulis dokumentasi/report, program arduino dan yang bersangkutan dengan web dan data base utk embedd system, jaringan komputer, menjahit.

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Saat ini di tahap pelatihan konsistensi saya harus mendokumentasikan kegiatan belajar mengajar dan berkarya saya untuk bisa memetakan easy enjoy saya. Setelah 100hari tahap pelatihan pertama saya akan mencoba mengambil benang merah dari hal hal yg mengganggu pikiran saya di poin d nhw#3 dengan bidang yang saya easy enjoy juga untuk menjawab apakah peran saya sebenarnya. Setelah itu ketemu insya Allah, maka saya harus membuat diri saya excelent dengan program 10.000 jam. 

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Untuk poin ini, mengacu pada revisi nhw#2 yang telah saya tuliskan.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Bismillah..  Laa haula walaa quwwata illa billaah