Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by admin - -

Resume Diskusi Grup HSMN 3
Rabu, 11 Maret 2015

🐬🐬 Peran Dongeng Islam untuk Anak: Latar Belakang, Urgensi, Langkah n Caranya bagi Orangtua Homeschooling 🐬🐬
🌱Narasumber : Ustadz Bimo, pendongeng senior Islam
Moderator : Gayu & Azizah
Notulensi:
🌱Durasi 2 jam: Pkl. 20.00 - 22.00

Assalamu'alaikum wr.wb
Patik bersyukur pada malam ini dihadirkan di grup ini, Konon, sebagai tamu patik* (dalam bahasa dongeng artinya saya) memperkenalkan diri, sebut saja nama patik Kak Bimo. tahun ini menapaki tahun ke 22 menjadi seorang story teller, ayah dari 7 anak kandung, istri mantan guru, penyiar radio dan penyanyi di OKUT sumsel.

Syahdan, pada mulanya patik tak sengaja "kecebur" profesi sebagai penutur cerita dan trainer motivasi anak dan remaja. Lama-lama jadi area watch untuk dunia story telling.
Yah...rupanya sdh menjadi garis hidup, dengan sebuah kesadaran, bahwa saya sedang ditempatkan oleh Allah SWT pada sebuah satu puzzle peran, untuk turut membangun karakter/akhlak bangsa, melalui cerita dan dongeng.



Nyaris 34 propinsi sudah patik sambangi untuk berdongeng ria (yg belum kupang & gorontalo). Cita rasa dongeng Indinesia sdh patik sebarkan pula dinegeri berantah jiran malaysia, turki, mesir, palestina, saudi gurun arabia.

Lebih lanjut dapat diperoleh di kakbimo.wordpress.com atau fb Bambang Bimo Suryono dan twiter @kakbimo, sempat mejeng pula di youtube untuk model dongeng dan mendongengnya.
Saya bukan yg terbaik dan paling ahli soal dongeng dan cerita, namun saya akan berusaha sharing pengetahuan dwngan para sahabat penghuni grup hebat ini.
Wassalamu'alaikum wr.wb...

Budaya mendongeng atau bertutur cerita saat ini boleh disebut mengalami masa krisis, lain halnya dengan sekolah dan seni panggung bercerita.
Lho, di mana krisisnya...dongeng dirumah-rumah kita yang krisis.
Dengan alasan kesibukan atau tidak tahu caranya maka para ayah atau bunda menjadi enggan bercerita.
Jika kita percaya pendapat para ahli pendidikan, bahwa cerita dan dongeng menjadi metode andalan untuk membangun karakter anak dan bangsa...maka jika kita tidak membudayakannya, maka itu berarti kita telah memubazirkan waktu dan momentum pendidikan anak-anak kita. ✅


Tanya Jawab:
1. 22 tahun menjadi pendongeng dan telah keliling Indonesia juga negara tetangga sungguh luar biasa kak ustad Bimo 😊. Yang mau saya tanyakan, saya senang story telling ke anak2 tapi untuk menirukan suara2 saya masih kesulitan. Gmn ya caranya agar kita bisa menirukan suara2 supaya dlm story telling lebih seruuu?
1.Seorang pendongeng  paling tidak bisa menguasai 3 macam suara: suara besar, suara kecil dan suara sedang/biasa.
Suara besar kecil sangat berguna untuk memainkan tokoh-tokoh cerita, sedang suara sedang kita pergunakan untuk membawakan narasi cerita.
Kalau kita mau melatihnya dengan sungguh-sungguh maka akan kita temukan 4 suara lainnya diantara suara besar dan kecil pada suara kita, coba saja berbicara dengan tangga nada suara yang berbeda.
Kemudian untuk mematangkan suaranya berbicaralah dengan suara tertentu plus ekspresi emosi suaranya.
Tahun 2004 saya mencipta rekor MURI dengan menirukan berbagai suara hingga 122 macam suara. Rahasianya adalah penguasaan makhorijul huruf Alquran.
2. Kalo pas saya membacakan buku cerita dengan kalimat sederhana . Kok senengnya dia cepet2 buka halaman selanjutnya tanpa menunggu kalimat selesai.
Baiknya gimana Kak Bimo?Ndongeng yang disukai anak anak itu yang seperti apa?
2.Untuk membacakan cerita seperti yang dituliskan, tahapan yang sedang dilakukan Bunda untuk putranda yg 16 bulan adalah membangun kebiasaan bercerita dan kelekatan hubungan ibu dan anak, mengingat daya pikir dan daya cipta sdg berkembang maka kegiatan mendongengnya belum sampai kepada penanaman nilai, namun yakinlah bahwa asupan dongeng itu sangat berguna bagi perkembangan bahasa, fantasi dan emosi anak. Soal retensi (daya tangkap otak) dan rentang konsentrasi akan terus berkembang. Cerita tentang dunia binatang atau benda mati (fable) atau cerita humor pendek lebih sesuai .durasi 5-7 menit saja.
3. Untuk metode dongeng yg tepat bagi anak usia 1an seperti apa patik? Kurikulum dongeng untuk usia 1an bagusnya seperti apa? Trims.
3. Kurikulum dongeng untuk anak usia satu tahun bisa kita buat sendiri, jika hanya untuk sekedar hiburan dan menyentuh aspek emosi bahasa anak, kita bisa ceritakan dongeng fable dan cerita pengalaman yang kita lakukan. Ja bersifat acak saja.
Namun Jika untuk kepentingan pendidikan karakter, maka kita harus siapkan cerita karakter ; seminggu dengan tema karakter yg sama, disusul minggu kedua dengan karakter lain yang berbeda. Jadi dlm sebulan ada 4 karakter yg kita sampaikan supaya lebih meresap dan menjadi dorongan perilaku.
Tentu hasilnya akan kuang terasa bila hari ini karakter jujur, besok karakter disiplin, lusa karakter hemat...mungkin hanya akan menjadi smog data saja (data sampah). Jadi sebaik ya seminggu rangkaian dongeng kejujuran, seminggu kemudiaan rangkaian dongeng yang lain.
4. Sy suka mendongeng, brusaha dgn mimik muka berubah ubah, suara yg berbeda2, tp masalahny membangun mood it susah, ap lg kan harus konsentrasi,, jd kadang malas mendongeng.. 1.Bgm y menyiapkan hati dan pikiran u mendongeng? 2. Apkh mendongeng harus selalu mimik muka brubh2 dan intonasi dan suara berubh2? 3. Bedanya antara cerita dgn mendongeng? 4. Apakah ad genre dlm mendongeng? 5. Mendongeng yg pas u usia 1 mpe 3 tahun sepert ap? 6. Mendongeng yg bs menguatkan karakter anak it sepert ap?
Banyak yg ingin saya tanyakan, tp cukup itu dulu, smg kak bimo berkenan mengetik yang walau bikin pegel tangan. Tp smg itu menjadi saksi atas terbaginya kebaikan dan menjadi pemberat timbangan amal kebaikan.
4
1. Ucapan Basmallah dengan sepenuh hati beserta niat mendongeng untuk melapisi ruang batin anak kita dengan Iman dan akhlak sdh cukup untuk menghapus semua galau dan rendah diri. Mengatur nafas dan suasana batin yg bad mood bisa dilakukan dengam membaca surat-surat pendek, khususnya QS. Insyirah (surat anti galau)..he he
2. mendongeng tidak harus selalu mimik jago bermain mimik muka berubah-ubah dan intonasi dan suara yang polyphonic... Manfaatkan saja cermin saat merias wajah...eksperimn mencari wajah tercanti, terburuk, terlucu, terbloon dll..mudah kok...untuk mengubah suara sdh saya jawab pada pertanyaan 1 ya.
3. Bedanya antara cerita dgn dongeng ; Cerita itu rangkaian peristiwa yang disampaikan pada orang lain. Berdasar kejadiannya cerita diklasifikasikan menjadi Fiksi/rekaan dan Non Fiksi/nyata.
Fiksi itu sinonimnya dongeng, wujudnya mitos, legenda, hikayat, mitos, fable, saga dan epos.
Sedang Non fiksi contohnya sejarah, biografi, testimoni dan pengalaman.
Dongeng bagian drpd cerita.
4. Genre dlm mendongeng; ada dongeng kamar, dongeng kelas, dongeng panggung (freestyle) dan dongeng festival.
5. dongeng yg pas u usia 1 mpe 3 tahun seperti fable, pahlawan fantasi dan cerita humor lainnya.
6. Mendongeng yg bisa menguatkan karakter anak itu lebih pas hirarkinya sebagai berikut:
Kisah-kisah qurani
Kisah para nabi
Kisah para sahabat
Kisah ulama, pembesar dan ilmuwan Islam
Barulah dongeng.
Dongeng dengan catatan sdh dibersihkan dari takhayul, khurafat, sadisme, fatalisme, mistisisme
5.  Seberapa besar kah goal yg didapat dari hasil mendongeng kepada anak seperti yang patik kak bimo katakan bahwa mendongeng menjadi metode andalan untuk membangin karakter anak dan bangsa?
5. Bangun apartemen itu mudah, namun membangun karakter tidak mudah dan perlu ekstra kesabaran.
Adagium populer tentang pendidikan karakter berbunyi SIAPA MENANAM MENGETAM
SIAPA MENANAM PIKIRAN AKAN MENGETAM PERBUATAN.
SIAPA MENANAM PERBUATAN AKAN MENGETAM KEBIASAAN
SIAPA MENANAM KEBIASAAN SKAN MENGETAM KARAKTER
SIAPA YANG HIDUP DWNGAN MENGEMBANGKAN KARAKTER TERTENTU AKAN MENEMUKAN NASIBNYA.
jika benar kita mebangun dan menata karakter anak kita, insyaallah akan terujud generasi yg layak sanding layak tanding dan bermartabat tinggi dihadapan orang/bangsa lainnya...insyaallah
6. Kak Bimo, saya suka sekali manjadi story teller buat anak saya n keponakan, banyak hal positif yg bisa saya tanamkan lewat story telling.
1) darimana mendapatkan referensi dongeng muslim untuk anak?
2) media apa yang biasanya digunakan untuk mendukung story tellingnya?
3) adakah kurikulum dongeng muslim untuk anak terutama usia 2-3tahun sehingga bisa menguatkan karakter mereka tentang agama n Allah?
terima kasih.
6
1) referensi dongeng muslim untuk anak cukup banyak di toko buku dan internet, yg penting kita bisa menyeleksi dan memfilterisasi yg baik dan yg buruk kualitasnya. Diblog saya sdh saya tuliskan kutikulum cerita dan beberapa referensi.
2) media yang biasanya digunakan untuk mendukung story telling amat banyak bisa boneka, papan flanel, hingga benda atau alat sekitar kita, termasuk alat rumah tangga, juga bisa menghidupkan dan menyampaikan pesan positifnya. Kalau saya pribadi memilih gaya ortodok dan true skills.
3) scr khusus kurikulum dongeng muslim untuk anak terutama usia 2-3tahun sehingga bisa menguatkan karakter mereka tentang agama n Allah sdh banyak ditulis orang. Pilih saja buku kisah tentang rukun iman, rukun Islam dan ihsan. sdh banyak di toko buku.
↔️ Feedback
Bergaya ortodok dan true skills itu seperti apa?
Jawaban:
ortodok n true skills maksudnya sesuai konsep asli mendongeng (menuturkan cerita dengan kata-kata, yang memantik imajinasi) dan tanpa alat peraga, semua asli eksplorasi gerak, mimik dan suara yg berubah-ubah.
Lebih jelasnya ada di buku Kak Bimo, "Mahir Mendongeng", buku wakaf produktif 100% untuk palestina. Di toko buku insyaallah tersedia, didalamnya juga dituliskan pengalaman saya melakukan trauma healing untuk anak-anak kurban perang di palestina dan suriah.
7. Saya ada beberapa buku cerita anak mengenai shiroh nabi n sahabat nabi, tapi ada bbrp adegan perang n penduduk yg diberi azab Allah.
Sebaiknya bagian itu dceritakan atau tdk ya? Apakah itu termasuk sadisme?
Ada gambar kartun orang2 sedang perang, terluka dll.
7. Dalam cerita sirah memang akan ada sekitar 55 ghazawat (peperangan) boleh kita ceritakan namun tak usah terlalu detail penyampaiannya, cukup global saja supaya tidak menimbulkan imajinasi tak terjendali berupa rasa ngeri dan takut. Begitu juga dengan gambarnya...cukup terwakili dgn gambar 2 pasukan berhadapan atau manusia dalam debu yg berkecamuk tanpa ada gambar, organ terputus atau sesuatu yg terburai.
Jadi kita mesti bijak memilihkan buku cerita/bacaan bergambar bagi anak, ambil beberapa buku kmd bandingkan isi serta gambarnya. Naluri Para Bunda pasti tajam dalam soal ini.👍
8. suami saya sempet bingung saat kisah2 tentang perang atau kisah nabi. dia sempat tanya sama saya gimana nerangin kata perang, azab,  dosa pada anak 2,11tahun?
karena anak saya suka tanya dosa itu apa?perang itu apa?makanya demi biar gak salah cerita2 tentang itu dipending dulu atau kadang di twist jadi gak diterangin dosa,azab, perangnya. enaknya jadi gimana ya?
8. Salah satu dimensi dari qaulan sadiida (perkataan yg benar) adalah memilih kata yg sesuai kadar akal dan tidak menimbulkan dampak buruk. Maka kata perang bisa diganti dengan berkelahi atau tembak-tembakan, azab dengan hukuman dari Allah krn jahat.  dosa adalah tidak taat pada Allah atau jahat kepada orang lain.
Seperti dalam dongeng Islami kata sakti diganti pinter silat,  bertapa diganti rajin sholat dan puasa serta terbang menjadi melompat tinggi.
↔️ Feedback
Suami tidak mengijinkan pemilihan kata "Berkelahi dan Tembak-tembakan", bagaimana?
↔️ Jawaban:
Anak-anak berpikir kongkret, jadi sering kita repot membahasakan orang baik, sholeh, munafik, kafir dan lain -lain (bahasa abstrak), maka kita harus menjelaskan lebih kongkrit orang baik menjadi suka menolong orang lain, sholeh menjadi rajin sholat, rajin mengaji dan taat pada orang tua, munafik menjadi tukang bohong, kafir dengan tidak percaya kepada Allah.
↔️ Feedback
akhirnya selama ini misal nih yg kisah surat al fil ya?yg ad pasukan gajah itu? nah kan ad adegan burung nglemparin batu, akhirnya hanya dibilang diusir suruh pergi. trus yang perang2 gitu hanya bilang disuruh menjauh dari tanah tempat tinggal, gitu aja. yg kisah nabi nuh misal, yg difokusin kapalnya yg super besar yg bisa mengangkut org yg taat sama Alloh yg suka solat, yg nurut mama papa. Seperti itu apakah benar?
↔️ Jawaban:
Pertimbangan jiwa sehat tentu menjadikan kita berhati-hati, namun bukan berarti kita menutup anak-anak dengan informasi dan realita. Cerita bisa diparodikan, ditragedikan bahkan diromantiskan. Yg terpenting menceritakan apa adanya dengan editing yg bijaksana. Namun jangan diubah. Ceritakan saja apa adanya, sampaikan secara global saja bagian yang tak sepatutnya untuk didengar (seluruhnya) oleh anak, waspadai pengucapan kata tertentu, harus dengan ekspresi dan intonasi yg pas. pengucapan perang dengan keras atau dramatis akan beda efeknya jika diucapkan dengan datar saja.
Closing Statement dari Kak Bimo:
"Para Bunda Marilah Kita Rebut Kembali perhatian anak-anak kita dari pendongeng jepang, amerika, artis selebritis di televisi atau dunia maya. Karna kita yang lebih berhak menjadi pusat perhatian bagi mereka..."
Terimakasih...