Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by admin - -

oleh : Abah Rama ( founder dan penemu talents mapping)

Pertama tama yang perlu difahami dulu adalah tentang Istilah Bakat karena didunia ada berbagai definisi tentang bakat yang umumnya dibagi beberapa kelompok
1.Kelompok aktivitas : menyanyi, melukis, mengajar, memimpin dlsb
2.Kelompok sifat : teliti, keras kepala, perfeksionis, komunikatif dlsb
3.Kelompok pelakunya : komunikator, visioner,motivator dlsb
Dari ketiga kelompok diatas kelompok mana yang bisa “dikembangkan” ?
Tentunya kelompok aktivitas bukan?
Jadi inti dari pengembangan diri adalah melatih aktivitas yang produktif yang bisa dikembangkan dari Pribadi masing-masing.

Karena yang dicari adalah Enjoy Easy Excellent Earn Activities maka

1⃣Langkah pertama adalah menggali aktivitas produktif mana saja yang apabila dilakukan membuat kita senang (Enjoy), mudah melakukannya (Easy) dan semakin sering dilakukan hasilnya semakin baik.
Untuk itu Talents Mapping sudah menemukan 114 Aktivitas Produktif yang kalau dengan dengan konsep yang lebih sederhana ada (30+15) aktivitas.
Menggali dan menemukannya bisa diawali dengan melakukan ke 45 aktivitas produktif tersebut dan mengobservasi perasaan ,kemudahan dan hasilnya.
Cara ini tentunya butuh waktu kecuali apabila sejak kecil sudah difasilitasi untuk mengalami semua aktivitas tersebut.
Cara lain untuk mereka yang berumur 16 tahun bisa  dengan asesmen Talents Mapping untuk menggali sifat sifat produktif seseorang setelah mana dapat diperkirakan Aktivitas mana saja dari 99 aktivitas produktif.
Pada langkah pertama ini diharapkan ada sekitar 20 persen Potensi Kekuatan berasal dari sifat yang paling Dominan dan mungkin juga ada potensi kekuatan yang berasal dari panca indera

2⃣Langkah kedua
Usahakan terjun kedalam semua aktivitas yang ditemukan diatas untuk menggali lebih dalam lagi mana yang benar benar merupakan potensi diri dengan merasakan Enjoy , Easy dan meminta masukan akan Excellentnya.

3⃣Langkah ketiga
Pilih peran yang kumpulan aktivitasnya kebanyakan merupakan kekuatan anda dan bukan tidak mungkin ada beberapa aktivitas yang bukan kekuatan yang terpaksa harus dilakukan .

Salah satu yang penting dalam proses penemuan diri ini adalah bahwa sampai titik ini anda baru pada tahap “klaster” jadi masih perlu diperdalam lagi
Misalnya saya punya potensi Teaching (Mengajar) ,setelah itu harus dipertanyakan lagi
•Mengajar apa ?
📚Saya misalnya tidak suka mengajar sejarah (bakat context rendah)
📚Saya tidak suka mengajar kimia (dari awal kuran suka)
📚Saya lebih suka mengajar yang terkait hal strategis ( ada bakat strategic)
•Mengajar siapa?
📚Saya tidak suka mengajar anak TK atau SD (bakat empathy saya rendah)
📚Saya lebih suka mengajar SMA keatas sampai persiapan pensiun
•Mengajar berapa orang?
📚Ada yang suka mengajar 30 orang dan stress kalau pesertanya lebih dari 100
📚Ada yang sebaliknya,semakin banyak peserta semakin bersemangat