Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by admin - -

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Postingan kali ini aku mau share Nice Homework 1 (NHW#1) program matrikulasi IIP. Bagi yang kepo apa itu IIP, intip aja langsung di sini ya

Okey, izinkan aku mengambil napas panjang dulu ya, hehe.. Lebay dikit aja gapapa kan ya, tapi bener sih ini bukan hal yang mudah untuk di jawab. Ada banyak ketakutan yang harus aku kalahkan untuk mengerjakan ini apalagi mempostingnya. Barangkali bagi kamu ini bukan hal yang serius, apaan sih, kenapa juga harus ikut matrikulasi, kenapa juga harus ngerjain peer kayak beginian. But, bagiku ini sangat penting, sangat serius. Aku sampai mulai postingan ini dengan tulisan bismillah. Bismillah, laa haula wa laa quwwata illaa billah..

Kenapa sih penting? Ya, penting, karena memang aku sedang serius mencari misi hidupku. Nice Homework ini, bagiku sebenarnya adalah alat bantu untuk menemukan misi hidup. Hmm, kenapa juga misi hidup sangat penting dan perlu banget untuk kutemukan, juga sudah pernah kutulis dan bisa kamu baca di sini

Biar gak penasaran, ini aku tuliskan apa aja yang perlu aku kerjakan di NHW#1 

📚NICE HOMEWORK #1📚
ADAB MENUNTUT ILMU
Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi Ibu Profesional Batch #3, kini sampailah kita pada tahap menguatkan ilmu yang kita dapatkan kemarin, dalam bentuk tugas.
Tugas ini kita namakan NICE HOMEWORK dan disingkat menjadi NHW.
Dalam materi "ADAB MENUNTUT ILMU" kali ini, NHW nya adalah sbb:
1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia
Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/

Bismillah, sekarang saatnya aku menuliskan jawaban dari keempat hal di atas. Sebelumnya, boleh ya kalau aku kasih sedikit prolog, berkaitan dengan ilmu yang ingin aku tekuni.

-Prolog-

Barangkali aku adalah salah satu diantara banyak orang yang punya banyak kesukaan dan kebisaan, Hal yang perlu disyukuri dan aku yakin banyak sekali yang demikian. Sayangnya, semuanya rata-rata jadi susah untuk merasakan mana yang paling aku sukai, mana yang paling aku bisai, yang paling membuat hidupku menjadi lebih hidup. Inilah yang selama ini membuat hidupku terasa berputar putar di situ saja, tanpa banyak perubahan yang bisa aku lakukan dalam hidupku. Meskipun demikian, aku berusaha untuk tetap mensyukuri semuanya. Alhamdulillah.

Seiring perjalanan hidupku, Allah mempertemukan aku dengan pasangan hidupku (baca : suami), kemudian Allah pertemukan jua aku dengan mentor-mentor baru di dalam hidupku. Allah seperti memberikan banyak hal yang harus aku baca dan pahami, sampai pada kesimpulanku bahwa aku yakin, setiap orang punya misi hidup, tugas spesifik yang Allah berikan agar dapat menjadi khalifah di muka bumi ini. Kemudian, aku pun menetapkan sebuah keputusan bahwa hal terpenting yang harus kutemukan adalah itu, misi hidup karena aku percaya ketenangan dan kebahagiaan hidup akan lebih mudah untuk dinikmati dan disyukuri jika aku telah berjalan memenuhi panggilan Nya, menunaikan tugas spesifik yang Dia inginkan untukku.

Aku pun kemudian memulai untuk mengingat semua, perjalanan hidupku, sekuat yang bisa kuingat. Aku menuliskan sebuah catatan penting tentang itu, kucoba tuliskan apa saja hal hal yang aku senangi dan bisa aku kerjakan. Tulisan itu, bisa dilihat di sini, yang kemudian aku coba jadikan pertimbangan untuk bisa menjawab keempat hal pada NHW#1 ini.

-Jawaban NHW#1-


  1. Jurusan ilmu yang akan saya tekuni untuk saat ini (karena hanya boleh menjawab satu) adalah electronics control networking. Jurusan ilmu apa ini? ini jurusan ilmu yang saya buat buat sendiri, adapun penjelasannya sebagai berikut : Electronics sebagai salah satu hal yang saya sukai dan Alhamdulillah menjadi bidang akademis yang saya tekuni di saat saya kuliah dulu. Tapi, tidak semua hal pada electronics membuat saya senang dan mudah untuk mencernanya. Kemudian, logics sebagai salah satu kegemaran dan kebisaan saya, membuat saya tertarik untuk mendalami control programming terkait dengan electronics. Terakhir, computer networking sebagai salah satu ilmu yang membuat saya penasaran selepas saya lulus sarjana dan sampai akhirnya saya rela membayar kursus keahlian dengan penuh kesadaran. Ternyata, saat ini (sudah hampir 4,5 tahun) Allah menempatkan saya untuk lebih memahami aplikasi dari computer networking itu. Akupun lalu tertarik pada satu tren cabang ilmu baru, yaitu internet of everythings (ioE), yang saya merasa cocok karena dapat meng-cover electronics, control program, juga computer networking, Tapi, aku merasa nama ioE ini sangat mengerikan, dan sudah menjadi sebuah cabang ilmu baru yang belum tentu semua cocok buatku, jadilah aku lebih nyaman dengan penyebutan electronics control network. Semoga Allah memudahkan jalanku untuk segera menemukan misi hidupku,
  2. Setelah mencoba membaca tanda yang Allah berikan sepanjang perjalanan hidupku, saat ini saya merasa ada panggilan yang cukup kuat dalam hal membantu orang orang untuk belajar. Ada kesenangan tersendiri jika bisa menemani anak anak muda mencari dan melesatkan potensinya dalam passionnya tersebut. Selain itu saya selalu ingin bisa menciptakan alat bantu atau media yang bisa membuat orang senang belajar. Secara umum, jika saya bisa dan Allah mengizinkan, saya akan melakukan hal tersebut (membantu orang dalam belajar baik sebagai fasilitator maupun dengan menyediakan media media sebagai alat bantunya). Namun demikian, aku akan (sebenarnya sudah) memulainya dengan bidang ilmu yang juga akan membuatku menjadi lebih senang, lebih hidup.
  3. Strategi yang saya rencanakan secara umum adalah dengan rangkaian kegiatan : belajar-mengajar-menulis-berkarya (menghasilkan produk). Saya akan memulainya dengan belajar, kemudian saya akan berusaha berbagi ilmu dengan mengajarkannya. Setelah itu, saya akan menuliskan pengalaman belajar dan mengajar saya sehingga kemudian saya bisa menghasilkan sebuah produk-produk yang sesuai dengan maksud dan tujuan saya, yaitu membantu orang belajar, agar orang selalu senang belajar, agar orang bisa melesatkan potensinya. Secara sederhana, hasil akhir yang ingin saya ikhtiarkan adalah mencipta kit-kit belajar, khususnya di bidang ilmu yang ingin saya dalami. Adapun hal-hal yang perlu saya kuatkan untuk lebih serius saya pelajari adalah : analisis rangkaian elektronika, pemrograman arduino, dan komputer jaringan.
  4. Agar mendapatkan keberkahan dalam menuntut ilmu, saya akan berusaha memperbaiki beberapa sikap saya. Dalam proses menuntut ilmu tersebut, bismillah saya akan berusaha untuk : lebih tertata dalam mempelajari ilmu (sistematis), lebih disiplin waktu (manajemen waktu), dan membuat dokumentasi/catatan pengalaman secara lebih konsisten.

Alhamdulillah, terjawab juga keempat hal yang menjadi NHW#1 ini. Semoga Allah memudahkan langkahku kemudian. Barakallah..