Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Ummu Hafidh - -

#1 Syukur, Qonaah, Sedekah, Dzikir, Tawakal

*pelajaran dari orang pertama
aku bertanya kepadanya,kenapa aku sering melewatkan qonaah?
dia menjawab : qonaah erat kaitannya dengan syukur dan rasa cukup. bersedekahlah, karena dengan sedekah membantu orang lain dapat menghadirkan rasa cukup. menabunglah tiap hari untuk sedekah
*pelajaran dari orang kedua
aku bertanya kepadanya, kenapa aku sering menginginkan hal yang nggak penting?
dia menjawab : apa yang diinginkan seseorang mencerminkan hatinya. orang yang senantiasa ingat Tuhannya, ia akan menginginkan dekat dengan Nya, kedekatan dengan Nya akan menghadirkan ketenangan.


barangkali, aku kurang berdzikir...
aku jadi kurang bersyukur...
aku jadi kurang sedekah...
dan aku pun sulit qonaah...
tawakkal pun tiada...

iyya ka na'budu wa iyya ka nasta'in
seharusnya begitu.... 

2# Law of attraction 

Hukum yang satu ini banyak kontroversi, anyway aku memahaminya sebagai : 
  1. ajakan berpikir positif
  2. keyakinan, sebagai muslim maka dapat diartikan sebagai keyakinan akan Allah Ta'ala yang telah terdefinisikan dalam ayat-ayat Al Qur'an maupun penjelasan Al Hadits, dan semestinya kita tafakuri dalam tiap lafaz dzikir.
  3. Keyakinan ini akan melahirkan kelapangan hati, menurut hukum fisika bahwa P = F/A semakin luas (A) maka semakin kecil tekanan, begitu juga dalam hidup, jika hati kita lapang maka hidup dapat kita jalani begitu ringan (tekanan kecil) 

3# Sukses

Sukses itu tidak Instan
Jaga selalu keyakinanmu

4# tentang hati

melihat dan memikirkan dengan jernih apa2 yang kita punya lalu mensyukurinya, itu sesuatu banget, hati ini jadi tenang banget
Alhamdulillah