Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Ummu Hafidh - -


INILAH.COM, London - Anak-anak yang ibunya bekerja memiliki pola hidup cenderung tidak sehat bila dibandingkan dengan mereka yang ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa.

Mungkin inilah risiko seorang wanita bekerja yang sudah bekeluarga. Terbatasnya waktu yang dimiliki, membuat para ibu kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga.

Riset yang dilakukan Institute of Child Health, London, menyebutkan bahwa anak-anak yang ibunya bekerja memiliki pola hidup cenderung tidak sehat bila dibandingkan dengan mereka yang ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa.
Umumnya anak-anak itu kurang mendapat perhatian sehingga jarang mengkonsumsi jenis makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan, seperti berolahraga.

Tanpa melihat etnisitas, tingkat pendidikan ataupun taraf pekerjaan, tim peneliti melihat kebiasaan makan dan aktivitas fisik lebih dari 12.500 anak-anak, mulai dari usia 9 bulan hingga lima tahun. Dari hasil riset, mereka menemukan bahwa anak-anak yang ibunya bekerja paruh waktu ataupun full time cenderung memiliki pola hidup tidak sehat.

Mereka lebih sedikit mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, baik sebagai menu utama ataupun sebagai camilan. Mereka justru lebih suka meminum minuman manis dan bersoda disela-sela makan dan mengkonsumsi camilan tidak bergizi.

Tidak hanya itu, mereka juga lebih suka menghabiskan waktunya dengan duduk di depan televisi atau bermain komputer. Ini berbanding dengan mereka yang memiliki ibu yang tidak bekerja di luar rumah. Sang ibu dapat mengontrol dan membatasi waktu putra-putrinya untuk menonton televisi ataupun bermain komputer.

"Kendala waktu mungkin membatasi kapasitas para orangtua untuk melengkapi anak-anak mereka dengan menu makanan sehat dan kesempatan melakukan aktivitas fisik," ungkap Profesor Catherine Law, peneliti dari Institute of Child Health.

"Setelah menyesuaikan dengan karakteristik sociodemographic, anak-anak yang ibunya bekerja memiliki kebiasaan pola makan yang lebih buruk, menghabiskan waktu dengan aktivitas duduk terus menerus dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya tidak bekerja," lanjutnya.

Hasil riset yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, menunjukan bahwa 37% anak-anak lebih suka mengkonsumsi camilan sejenis keripik atau makanan yang manis-manis. Sebanyak 41% lebih mengutamakan meminum minuman manis pada saat makan, dan sekitar 61% anak-anak menghabiskan waktu setidaknya lebih dari dua jam dalam sehari untuk menonton televisi atau bermain komputer.

Meskipun demikian, tim peneliti mengemukakan bahwa hasil riset ini bukan berarti menyarankan agar para ibu tidak bekerja, hanya saja diperlukan kebijakan dan program yang mendukung orang tua yang bekerja. Demikian seperti dikutip dari Healthday News. [mor]

sumber : http://www.inilah.com/read/detail/163676/wanita-karir-cenderung-punya-anak-tak-sehat/