Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Ummu Hafidh - -


Ada yang setengah mati mencari cara cepat berhitung. Memang, sekarang banyak metode-metode berhitung yang ditawarkan dengan berbagai kelebihan. Namun, menurut saya, kunci dalam berhitung cepat hanya satu, sering berlatih. Dan kali ini saya akan memulai dengan hitungan penjumlahan.

Saya tidak hendak menawarkan cara cepat atau cara praktis. Namun metode yang ingin saya sampaikan disini bisa jadi memang sedikit berbeda dengan kebiasaan. Harapannya, dengan membiasakan cara berhitung yang akan saya sampaikan ini, ke depannya berhitung akan terasa lebih menyenangkan dan lebih cepat. Menurut saya, metode ini merupakan pengoptimalan kerja otak kanan dan kiri. Silakan untuk disimak, diterapkan, dilatih kemudian dirasakan.Seri berhitung ini semua bersumber dari sebuah buku berjudul "Secret of Menthal Math" nya Arthur Benjamin. 

Barangkali lebih banyak dari kita yang menggunakan metode hitungan ke bawah. Seperti menjumlahkan 47 dengan 32 maka sebagian besar biasa menghitungnya demikian 
 47
 32
----- +
 79


Cara tersebut sama sekali tidak salah, tetapi menghitung dengan cara seperti itu relatif memerlukan kertas dan pena, dengan kata lain relatif lebih sulit untuk membiasakan menghitung tanpa menulis bahasa jawanya ngitung awangen. Kini, kita bisa melakukan sedikit perubahan untuk melatih -mungkin- anak kita agar dapat terbiasa menghitung hanya dengan membayangkan. Arthur menyebutnya sebagai left to right adition.

Misalnya, kita ingin menghitung 47+32, dan kita tahu bahwa 32 adalah 30 + 2
maka langka pertama 47 kita tambahkan dengan 30 dan kita akan mendapatkan hasil 77
selanjutnya, 77 tinggal kita tambahkan dengan 2 maka hasil keseluruhan adalah 79
(perlu diingat, ilustrasi tersebut kita lakukan tanpa menulis melainkan kita membayangkannya dalam benak kita)

Mungkin, saat pertama mencoba metode ini malah terkesan lebih lambat. Tetapi cobalah untuk terus berlatih. Kemudian terus tingkatkan ke penjumlahan ratusan, ribuan dan seterusnya. Caranya adalah dengan menjumlahkan dahulu pecahan yang paling besar, terus ke pecahan yang paling kecil. Misalnya 538+327 maka 538 ditambahkan dahulu dengan 300 sehingga hasilnya 838 kemudian ditamba 20 sehingga hasilnya 858 terakhir tambahkan dengan 7 sehingga kita mendapatkan hasil 865.

Sekali lagi, metode ini bukanlah menawarkan cara cepat yang praktis. Metode ini hanya mengajak untuk berhitung dengan metode yang sedikit berbeda dengan kebiasaan. Kunci dari semuanya adalah latihan yang terus menerus. Jika memang merasa tidak cocok ataupun sudah mencoba dan berlatih tetapi tidak berhasil, silakan gunakan metode yang anda anggap paling mudah dan tidak perlu protes.

Selamat berlatih!