Indahnya Belajar dan Mengajar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by admin - -

Ibu profesional punya gerakan namanya 7to7. Gerakan ini sebenarnya upaya para ibu untuk mendisiplinkan diri. Makna dari 7 to 7 sendiri adalah pengalokasian waktu untuk aktivitas keseharian para ibu, jam 7 pagi sampai jam 7 sore adalah waktu 'kerja' para ibu.

Prinsip 7to7 yaitu 'kandangin' waktunya. Founder ibu profesional, Bu Septi, mengimplementasikannya sebagai berikut. Pagi hari, mulai bangun tidur sampai jam 7 pagi waktu dialokasikan untuk mengerjakan aktivitas rumah tangga yang tidak disukai tetapi wajib dilakukan. Selesai tidak selesai, semua aktivitas jenis ini harus diakhiri pukul tujuh pagi.

Jam 7 pagi sampai jam 7 sore bebas melakukan aktivitas yang disukai. Aktivitas pada rentang waktu ini bersifat dinamis.Mengembangkan passion sudah pasti ada di dalamnya. Namun, perlu diingat, bukan berarti menelantarkan anak. Anak anak dan keluarga perlu dilibatkan, diajak dalam aktivitas dinamis ini.

Setelah jam7 sore, selesaikan aktivitas yang tidak disukai tetapi harus diselesaikan. Agar semangat menyambut hari esok, kita bisa menutup aktivitas harian kita sebelum tidur dengan merencanakan aktivitas dinamis untuk besok.

Ada beberapa catatan penting untuk mengimplementasikan 7to7. Alokasi waktu tidaklah mutlak, dapat disesuaikan dengan kebiasaan dan jenis aktivitas para ibu. Baik itu ibu yang bekerja di ranah domestik maupun ibu yang bekerja di ranah publik, semua bisa melakukan gerakan 7to7 ini. Ambil prinsipnya, yaitu 'kandangin' waktunya untuk aktivitas wajib yang tidak sukai. Para ibu juga bisa mendelegasikan aktivitas aktivitas yang tidak disukai, asalkan ada kesepakatan dengan suami.